Kamis, Agustus 14, 2008

Cinta atau investasi

Ada pendapat orang klo seseorang mengaku mencintai tapi dengan segala pemberian dan pengorbanannya itu kemudian ia jadi menuntut sesuatu sebagai kompensasi atas pemberian/pengorbanan yang telah diberikan maka itu bukan mencinta tapi investasi. Apapun pendapat anda tentang itu tapi menurut gw itu ada benernya juga tuh. Seorang pencinta sejati emang mampu memberi tanpa berharap menerima pembalasan karena dia laksana samudera cinta yang takkan habis walaupun dilimpahkan ke siapa saja kapan saja di mana aja. Klo mbahas cinta yang buat siapa aja kesannya mungkin mirip playboy/playgirl bagi orang yg picik dlm memaknai cinta, tapi sebenarnya cinta sejati bukan hanya dlm urusan gituan. Dsini gw batasi aja tentang pacaran dah, biar gak muluk-muluk bin ndakik-ndakik. Pacaranpun sbg tahap cari jodoh telah banyak dimaknai sbg perwujutan cinta kedua pihak, tapi apakah bener bgitu?, ternyata tdk spenuhnya bgitu krn banyak pasangan yg masing2 lebih banyak berkutat dlm mencintai dlm rangka kepentingan investasinya sendiri2 demi kehidupan keluarganya kelak, atau bahkan skedar investasi pemenuhan hasrat syahwati belaka, yaa gak jauh dari hajat slangkang dah pokoknya. Mreka seakan menjalani tahan pasca jadian menjadi kontak sosial yang masing2 membuat dari tingkat sderhana sampe yg ndakik2 (yg gak tau arti "ndakik-ndakik" ya sono tanya temennya yg tau. kreatif dikit donk). Kontrak sosial smacam itu seakan haus akan kedalaman maksna cinta yg seharusnya dilandasi niat tulus semata mencinta karena Tuhannya. Keikhlasan cinta manusia yang dlm ibadahnyapun masih bermental pdagang dapat dipastikan juga bermental pdagang juga, sehingga apa yang ia berikan harus memberikan keuntungan buat dia. Gw nulis ini bukan berarti gw udah mampu jd pecinta sejati, tp paling tidak berniat belajar untuk menjadi pecinta yang semua dilandaskan atas kecintaan pada Alloh smata. Gw gak mau musingin mo dpt ap dari cinta yg telah, sedang dan akan gw tebarkan. Harapan gw cuma 1, smoga Alloh ridlo aja dengan samudra cintaku ini. Bukannya mo berniat berinvestasi agar dpt untung ridlo, tapi ini bentuk ibadah/penghambaan gw kepada Alloh SWT yg luas biasa dasyat banget kebesarannya terhadap segalanya. Ibadahkanlah cinta...., hanya kepada Alloh-lah cinta ini selalu berlabuh.

Tidak ada komentar: